Facebook Google

Festival Pesona Palu Nomoni 2016

Adhi Wibowo     23:59:00  No comments



Palu Nomoni
Tanggal 27 September menjadi hari jadi Kota Palu yang ke 38 tahun, dalam menyambut hari ulang tahun Kota Palu, pemerintah setempat telah menyiapkan rencana penyelenggaraan Festival Teluk Palu (FTP) sama seperti tahun-tahun sebelumnya, namun pada tahun 2016 ini Festival Teluk Palu berubah nama menjadi Festival Pesona Palu Nomoni 2016 yang akan dilaksanakan selama 3 hari berturut- turut pada tanggal 24-26 September 2016 dengan mengangkat tema Membuka Mata Dunia Menuju Palu Nomoni. Kata Nomoni sendiri diambil dari bahasa asli suku setempat yaitu Suku Kaili yang berarti “berbunyi”.

Festival Pesona Palu Nomoni 2016 dimaksudkan untuk mempromosikan Kota Palu untuk menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kawasan Indonesia Timur khususnya di Pulau Sulawesi, tidak hanya mengangkat budaya tanah kaili dengan ritual adatnya tetapi juga direncanakan pagelaran Festival Pesona Palu Nomoni ini akan menampilkan keanekaragaman budaya dan kultur adat istiadat yang berada di Kota Palu sehingga dapat juga menjadi pembuktian bahwa masyarakat yang beranekaragam suku dan adat istiadat yang hidup dan tinggal di Kota Palu dapat hidup berdampingan dengan aman dan tenteram.

Acara yang akan digelar pada ajang Festival Pesona Palu Nomoni 2016 adalah :


·        1040 Penabuh Gimba (Gendang)
·        520 Peniup Lalove (Suling Adat Kaili)
·        520 Titik Sulo (Obor) Sepanjang 7,2 Kilometer di Teluk Palu
·        Pertunjukan 10 Ritual Adat Kaili
·        Pertunjukan 10 Seni Budaya Nusantara
·        200 Perahu Tanpa Awak
·        200 Perahu Layar Tradisional

Tidak hanya itu, pada Festival Pesona Palu Nomoni juga diselenggarakan ajang bergengsi bertaraf internasional yaitu Lari Marathon yang bertajuk Palu Nomoni International Marathon 2016 yang akan diselenggarakan pada tanggal 25 September 2016  selain Palu Nomoni International Marathon, pada Festival Pesona Palu Nomoni 2016 juga akan mengadakan Lomba Perahu Layar Tradisional (Sandek) yang dijadwalkan tanggal 25 September 2016 mendatang dan akan dibuka secara umum, serta penyelenggaraan Lomba Renang Lintas Teluk Palu dan juga Kampung Kuliner Kaili.

Selama Festival Pesona Palu Nomoni 2016 berlangsung, kawasan sepanjang Pantai Teluk Palu akan disterilkan dari kendaraan bermotor dan digantikan dengan “Dokar” yaitu Kereta Kuda yang akan mengantarkan pengunjung menjelajahi pagelaran Festival Pesona Palu Nomoni 2016. Pagelaran ini dimaksudkan untuk menarik wistawan nusantara dan mancanegara.

Penyelenggaraan Festival Pesona Palu Nomoni 2016 akan dibagi menjadi 4 ring kegiatan. Kegiatan pada ring pertama yaitu menyalakan obor (sulo) sebanyak 520 titik di sepanjang 7.2 kilometer di teluk palu dan pada bagian bawah masing-masing obor ditempatkan tiga orang yang memegang Gimba (gendang) dan Lalove (seruling tradisional) yang direncanakan pada waktu tertentu kedua alat musik tradisional tersebut akan dibunyikan secara bersamaan selama 38 menit sesuai dengan umur Kota Palu yang berulang tahun ke 38 tahun. Ajang pada ring satu ini akan mencatat sejarah baru dikota Palu sebagai penabuh Gimba (gendang) dan peniup Lalove (Seruling) terbanyak dan terpanjang.

Peniup Lalove sebanyak 520 orang akan memainkan music ritual adat yang biasa dimainkan untuk mengundang roh para leluhur seperti kobi lalove, pomparata dan posalonde

Pada ring kedua akan diadakan kegiatan Panggung Ritual Budaya Adat Kaili seperti ritual vunja ntana, balia enje da’a, balia tampilangi ulujadi, balia bone (tampilangi api), balia baliore (pompaura), balia jinja, ritual pora’a binangga, ritual topoledo, ritual pompaura vunja, dan ritual manuru viata. Beberapa ritual adat Kaili ini menjadi ragam budaya Kaili yang akan digemakan di teluk Palu untuk menarik perhatian dunia.

Untuk ring ketiga akan diselenggarakan Panggung Budaya Nusatara yang akan di isi oleh budaya asal dari Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Tionghoa, Bali, Jawa dan Sunda serta juga terdapat pagelaran panggung Religi. Dan pada ring ke empat akan diadakan sepanjang teluk Palu yaitu transportasi kereta kuda atau biasa disebut Dokar bagi masyarakat kota Palu. Keempat ring tersebut dilaksanakan bersamaan dan akan menjadi satu kesatuan dalam acara Festival Pesona Palu Nomoni 2016.

Festival Pesona Palu Nomoni 2016

Menjelang pelaksanaan Festival Pesona Palu Nomoni 2016 pemerintah terus mengadakan perbaikan jalan dan fasilitas di sepanjang pesisir teluk Palu yang akan digunakan, diharapkan pembenahan tersebut segera terselesaikan agar pelaksanaan Festival Pesona Palu Nomoni 2016 akan terselenggara secara maksimal dan tanpa halangan yang berarti sehingga diharapkan kedepannya dengan adanya tampilan keindahan kota palu dan kearifan lokal yang ada para wisatawan baik nasional maupun mancanegara menempatkan Kota Palu kedalam daftar perjalanan wisatanya.

Mari berkunjung ke Kota Palu.
Kota 5 Dimensi (Gunung, Lembah, Pantai, Laut, dan Sungai)

Adhi Wibowo


Desain Grafis menjadi dunia yang menyenangkan dan membagikan informasi menjadi sangat membahagiakan
View all posts →

0 komentar :

Artikel Terbaru

Cetak Pin

Cetak Pin

Copyright © Digital Media Informasi I Templated by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger